Tradisi patung di negara barat dimulai sejak jaman Yunani Kuno dan secara luas dipandang sebagai bentuk produktif sebuah karya hebat pada masa itu. Selama abad pertengahan, patung ghotic dianggap mewakili penderitaan dan nafsu dari kepercayaan kristen. Kemudian kevangkitan nilai klasik dari renaissance menghasilkan pengrajin/seniman patung-patung produktif yang sangat terkenal, Davis Michelangelo.

Dalam perkembangannya, kerajian patung modren telah bergeser jauh dari proses tradisional dan lebih menekankan pada pernggamaran tubuh manusia dalam permainan 3 dimensi karya seni patung.

Sekarang, banyak para kolektif patung lebih memilih ke desain wood sculpture dan bahan patung dari kayu yang lebih ringan dan dengan keindahan hasil akhirnya.(http://senipatungkayu.blogspot.com/2013/03/sejarah-munculnya-kerajinan-patung-di.html)

Bahan untuk Membuat Patung dan Jenisnya

Bahan-Alat-Membuat-Patung

Bahan pembuat patung dapat diklasifikasikan dalam 5 macam.

Ke lima bahan tersebut adalah Batu, Kayu, Besi, Kaca dan Tanah Liat (tembikar). Berikut penjelasannya:

   1. Patung Batu. Batu adalah salah satu bahan utama yang dibuat patung semenjak dahulu. Orang zaman dahulu membuat patung sederhana dari batu dengan cara membentuknya. Karena hasilnya permanen, patung batu menjadi fosil-fosil yang ditemukan oleh manusia kini. Batu yang biasanya bagus digunakan untuk membuat patung banyak terdapat di Eropa, Mesir, Yunani, dan India.
   2. Patung Kayu. Patung yang dibuat dari kayu memang terlihat lebih indah dan memiliki nilai seni. Namun, dibandingkan material lain, kayu adalah material yang mudah lapuk, mudah dirusak serangga, dan mudah terbakar. Oleh karena itu dibuat beragam cara agar patung kayu tak mudah rusak dan bisa bertahan lama. Patung kayu cukup populer di berbagai kebudayaan, terutama untung dibuat tiang totem.
   3. Patung Besi. Material-material berupa perunggu, logam, dan besi-besi lainnya cukup populer dibuat patung. Besi dianggap lebih kuat dan tidak mudah rapuh jika dibandingkan dengan batu, sehingga banyak orang dahulu mulai beralih membuat patung dari besi. Tak lama kemudian, patung-patung dari emas pun dibuat dan memiliki nilai jual yang cukup mahal. Beberapa jenis besi pun biasanya diproses dan disatukan agar menghasilkan material patung yang lebih berkualitas.
   4. Patung Kaca. Dibandingkan jenis jenis patung lainnya, patung kaca adalah patung yang proses pembuatannya paling rumit dan membutuhkan beberapa tahapan teknik. Kaca memang bisa diukir, tetapi dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Akan tetapi hasilnya terlihat sangat indah dan menarik, sepadan dengan usahanya.
   5. Patung Tanah Liat (tembikar). Tembikar adalah salah satu material pembuat patung yang cukup tua, begitu juga dengan tanah liat. Keduanya mudah dibentuk dan lentur, sehingga banyak digunakan oleh berbagai kebudayaan; tak hanya untuk dijadikan patung.

Mengenal Jenis Patung

Jenis patung diklasifikasikan menurut bentuk dan bahan meterialnya. Patung adalah salah bentuk seni rupa yang fungsinya tidak hanya sebagai benda estetis namun ada yang menjadi simbol ketuhanan bagi beberapa kebudayaan di dunia.
Seni membuat patung merupakan salah satu bentuk seni yang sudah lama ada dan kaya akan nilai sejarah, bahkan seni patung sudah ada sejak masa awal peradaban.


Patung-kuningan-SeniAntik.Com


Jenis-Jenis Patung Sebagai Benda Seni.
1. Relief.
  • Relief merupakan seni patung tertua yang dapat kita temukan di dinding-dinding candi dan berbagai benda zaman dahulu. Relief dianggap sebagai benda patung yang dikerjakan dalam bidang dasar 2 dimensi. Relief dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu: bas relief, alto relief dan sunken relief.
- Bas Relief adalah patung relief yang pahatannya sangat menonjol dan jelas. Bas relie banyak ditemukan pada bangunan kuno seperti kuil Parthenon Yunani.
- Alto relief adalah patung relief yang tidak cukup menonjol dan tidak terlalu jelas. Relief ini banyak ditemukan di pemakaman masa Firaun Mesir.
- Sunken Relief adalah jenis relief yang sama sekali tidak menonjol, namun terlihat cekung masuk ke dalam batuan atau benda material pahatannya. Sunken relief belum jelas keberadaanya.
2. Patung 3 Dimensi
  • Patung 3 dimensi disebut juga patung yang independen/merdeka dan berdiri sendiri. Patung ini bisa dilihat dari sudut manapun, namanya juga 3 dimensi, pasti dong. Patung 3 dimensi menjadi tren pada masa sekarang. Contoh patung 3 dimensi adalah patung-patung di kuil Yunani, kuil Romawi serta yang ditemukan di area abad pertengahan, termasuk patung David yang dibuat oleh Michael Angelo.
3. Patung Kinetis
  • Patung kinetis adalah jenis patung 3 dimensi yang dapat bergerak-gerak, baik dengan bantuan tenaga mesin, tenaga air dan tenaga angin. Air mancur adalah bentuk inovasi patung kinetis. Meskipun pada kenyataannya air mancur ini tidak memanfaatkan tenaga air melainkan dibentuk sedemikian rupa sehingga air bisa mengalir dengan deras dan indah. (http://senipatungkayu.blogspot.com/2013/03/mengenal-jenis-patung.html)
 Kerajinan Patung Kayu


Kota ukir Jepara, Pusat Kerajinan ukir dari kayu di Indonesia. Kerajinan patung atau seni dalam membuat replika patung disebut juga sculpture merupakan aplikasi seni visual yang tampak dalam pandangan 3 dimensi. Pada zaman modern ini seni membuat patung diekspesikan dalam berbagai bentuk pahatan, ada yang dari batu, patung dari kayu dan juga pernak-pernik patung dari bahan logam.


Keahlian para pengrajin di daerah Jepara mengembangkan seni patung kayu ini sudah turun temurun dari nenek moyang yang diwariskan kepada anak cucunya. Itu mengapa mayoritas penduduk Jepara, Jawa Tengah sangat ahli mengkreasikan kerajinan ukir kayu khususnya seni ukir patung 3 dimensi dan asbtrack dari bahan kayu. Mengapa demikian? karena kehidupan dan lingkungan mereka sudah bersentuhan dengan budaya seni ukir kayu yang dilestarikan sejak dulu kala.



Para ahli pengrajin seni ukir di Jepara memberikan nuansa keindahan dan kehalusan Seni Patung Kayu yang berbeda dari lainnya. Produk-produk patung kayu yang ada misalnya patung kayu binatang yang banyak pilihannya baik patung kayu hewan bergaya ‘Western’ dan bergaya ‘Eastern’ atau Asian. Anda dapat menentukan jenis patung mana yang lebih anda sukai. Harga patung kayu adalah relatif berdasarkan ukuran, bahan kayu dan finishingnya.

 

 

Minggu, 11 Januari 2015 Posted in | | 0 Comments »

One Responses to "Sejarah Munculnya Kerajinan Patung di Dunia"

Write a comment